Satu pagi di hari kamis, 19 november 2012 lalu tampilan wall facebook saya menghilang di mozilla maupun chrome. Yang tampil hanya banner atas, berisi menu-menu seperti Dian Pujayanti, Profil, Bantuan. Hem… Satu demi satu saya buka, setiap menu diatas. Ternyata hanya tampilan tentang pribadi kita saja yang tidak bisa diakses. Seperti foto, profil, pertemanan, message, pemberitahuan. Sementara fitur-fitur bantuan dan security facebook normal.

Awalnya saya bukan mozilla dan mengetikkan “F”, otomatis address bar yang telah merekam setiap aktifitas browsing saya, mengarah ke www.facebook.com. Begitu saya login, yang tampil hanya banner atas saja. Begitu saya klik, profil, cari teman, beranda, foto tidak ada satupun yang muncul.

Saya fikir di browser lain pasti berda, ternyata di Chrome pun sama. Tetapi berbeda ketika sama memakai IE. Namun saya tidak nyaman dengan IE. Lambat dan memang sudah user friendly dengan mozilla dan chrome.

Konsultasi ngalor ngidul, katanya ada yang bilang kena virus. Kudu di upgrade anti virusnya atau malah diganti. Pendapat lain, karena PC/ Laptop kita jarang memperbaharui Flash Player dan Java. Karena Facebook memerlukan software ini.

Jauh sebelum meminta pendapat dari kawan, saudara, lewat YM dan bicara, saya sudah meng-uninstall dan meng-install kembali aplikasi browser saya, like Mozilla and Chrome. Juga Googling-googling. Aneh, tidak ada satupun yang bahas tentang ini. Fiuuuuuuuuuh…

akhirnya saya temukan solusi mengetikkan huruf https:// pada depan alamat www.facebook.com dari laman asing. Memang agak aneh sih, ketika saya mengarahkan kursor ke, kemudian mengklik lambang facebook, tertulis, this url is valid (kurang lebih begitu yang saya ingat. Hehehe, karena sekarang kan sudah betul facebook saya)

Dan memang, akhirnya berhasil. Sayangnya, setiap saya mengklik kembali setiap fitur pribadi saya, kembali lagi tampilan kosong.  Dan harus menambahkan https://. Hem, kalau gini, ga efisien dan efektif banget deh.

Hahahah, ternyata saya melupakan bertanya pada suami saya. Maklum, suami saya tengah akan bekerja di negeri seberang. Dan saya tidak ingin mengganggu konsentrasinya. Tapi inilah, suami saya. Ternyata caranya jitu memperbaiki problem saya selama 3 hari tanpa jalan keluar. Hehehehe…

So, caranya masuk ke Penganturan Akun> Keamanan> Sunting-Jelajah Aman: conteng pada kalimat “Jelajahi facebook pada koneksi aman (https) saat memungkinkan”> simpan perubahan.

Maka, terselesaikanlah masalah saya.🙂