arcanum_wings_art_by_carl_frank

Inilah ‘wangsit’ dari masa tenangku selama 14 hari tenang. Bersama sayap ini, aku bisa melintasi antar dunia yang terkait atapun sama sekali berbeda dari sebelumnya.

Suara dengkuran seorang kawan belum juga surut, sejak ia memejamkan matanya empat jam lalu. Sementara saat ini waktu telah menunjukkan 03.55 dini hari Selasa 14 April dan jari-jemariku masih sehat menari diatas keyboard laptop merk Compaq, kepunyaan seorang kawan yang menyandang jabatang sebagai Direktur PT Cipta Lintas Media. Sebuah perusahaan yang memfokuskan diri pada pelayanan media internal (in house magazine).

Hari tadi pukul 15.00 WIB aku kembali bangun dari lelap seorang buruh jurnalistik yang coba menginstirahatkan dirinya dari tekanan pekerjaan dan kebutuhan ‘maha tinggi’ seorang jurnalis media sekelas Kompas.com. Aku kembali pada apa itu pengalaman kerja ku selama empat tahun, namun kupikir ini lebih menantang dari sekedar melakukan proses jurnalisme. Karena sedari tadi sejak aku tiba di kantor baru ini sebagai tenaga bebas (freelancer) kepercayaan meningkat menjadi seorang konseptor dan penentu arah kebijakan dari perusahaan yang baru seumur jagung ini. Kondisi ini toh tak kuingin banding-bandingkan dengan almamaterku sebelumnya, karena memang dari ku, aku ingin membedakan ini semua.

Bukan karena aku belum mendapat pekerjaan, namun ini adalah pilihanku dalam mengepakkan multi talent-ku selain di bidang jurnalistik. Yang dalam 12 belas jam itu, baru aku sadari bahwa aku dapat menggerakan orang, mengonsep sesuatu sesukanya aku, mengarahkan peta dan arah perjuangan perusahaan ini. Tak usahlah mempertanyakan, apakah ini perusahaan kecil atau besar, karena bukan itu tujuan dari semua perjalanannku sejak 15.00 kemarin hari.

Tetapi cinta terhadap dunia tulis menulis, komitmen untuk menyelesaikan cita-cita adekku, keluargaku dan terutama untuk perkembanganku pribadi. Kupikir tuhan punya waktu untuk aku kembali total dalam dunia yang telah membesarkan aku dalam empat tahun sebelumnya.

Dan kepada Amir serta Fajar, aku sampaikan maturnuwon sangat yang telah memberikan kesempatan aku sebagai tenaga freelancer, konseptor, chief editor, public relation, dan marketing. Tak ada beban sedikitpun untuk aku menjalankan ini semua. Ini aku lakukan dari dalam hati bersama semangat jiwa muda kalian, idealisme dan cita-cita yang telah kalian dengungkan sejak pertama menarik aku.